Aneka Resep Kudapan

Pisang Plenet, Pisang Bakar Khas Semarang

Orang-orang di Semarang menyebutnya Pisang Plenet. Di luar kota ini barangkali ada yang menyebutnya Pisang Gapit. Ada juga yang menamainya Pisang Epe. Bukan masalah serius, jika tiap wilayah menamakan kudapan klasik ini sesuai dengan susunan huruf yang kiranya enak diucapkan di lidah. Toh sudah lama kita berakrab dengan ungkapan “lain lubuk lainlah ikannya”, maka lumrah pula jika lain kebun lainlah pisangnya.

Satu hal yang meringkus beraneka pelafalan jajanan ini dalam sebuah kesamaan adalah, mereka sama-sama dibuat dari pisang Kepok. Karena cuma pisang jenis kepok yang memiliki tekstur padat-kuat ketika nanti kena panas dari bakaran. Kalau kau tak percaya dan ingin bereksperimen, coba saja membuatnya dengan bahan pisang Ambon atau pisang Raja. Kau nanti akan geli sendiri ketika nanti menyaksikan di atas piringmu bukanlah pisang plenet yang akan tersaji melainkan, bubur pisang, kisanak.

Jadi kunci dari resep ini adalah kemampuanmu menentukan jenis-jenis pisang. Aku pikir selain itu tidak ada lagi rahasia kelezatannya, karena tiap orang akan paham bagaimana caranya agar bisa membakar bahan mentah menjadi bahan matang dengan paripurna. Kalaupun ada kurangnya, paling-paling pisang hasil bakaranmu kelewat gosong, dan itu tak akan membuatmu disetrap dan membuat mukamu tercoreng. Yuk, dari sini mari silakan coba bakar pisang-pisangmu.

Bahan-Bahan

  • 3-4 buah pisang Kepok
  • 20 gram margarin
  • 100 gram gula halus

Langkah-Langkah

  1. Pilih pisang jenis Kepok. Gepengkan dengan alat yang sekiranya bisa membuatnya gepeng namun pastikan pisang-pisangmu tidak hancur.
  2. Kupas dan sisihkan dalam wadah hasil gepengan dari pisang-pisang Kepokmu.
  3. Nyalakan kompor dan panaskan lebih dulu perkakas bakaranmu. Kau bisa menggunakan teflon atau alat bakar sate atau jagung atau berbeque.
  4. Oleskan margarin pada alat bakarmu, jika kau menggunakan alat bakar sate, maka yang perlu kau olesi margarin adalag pisang-pisangnya.
  5. Bakar bagian salah satu bagian pisang sampai matang, tingkat matangnya bisa kau pilih sesuai seleramu.
  6. Balik dan bakar sisi lainnya hingga matang.
  7. Tiriskan ke piring dan tata pisang sebagus yang kau mampu.
  8. Siapkan gula halus, taburkan gula itu menggunakan saringan ke atas pisang-pisangmu.

Saran:

Jika kau tak begitu suka dengan rasa manis yang berlebih, kau bisa mengganti gula halus dengan parutan keju, atau lelehan madu. Dulu aku pernah mencoba dengan cara seperti itu dan rasanya tetap sedap.

Jika kau masih belum paham hal semudah ini bisa kau kerjakan sambil mendengarkan alunan musik dari Radiohead atau Billy Holiday, kau simak saja video bagaimana cara membuat Pisang Plenet di bawah ini:

No Comments

Leave a Reply