Aneka Resep Kudapan

Resep Crème Brûleé

Ia sudah ada sejak abad kelima kalender masehi. Ia menjadi salah satu kudapan klasik karena pada abad 21 ini kita masih menyanjung-nyanjungnya sebagai penganan pencuci mulut. Rasanya unik, sendok yang kita benamkan ke dalam ramekin akan bertemu dengan kombinasi rasa empuk kenyal sekaligus mangsir dengan citarasa telur yang menawan, sementara bagian atasnya kita akan dikejutkan oleh aksen gosong dari gula yang dibikin karamel. Alangkah jodoh yang tepat jika boleh beranalogi.

Di daratan eropa sendiri, susah sekali menentukan siapa yang kali pertama menemukannya. Orang-orang di Perancis menyebutnya Crème Brûleé, orang-orang di wilayah Amerika Selatan akrab memanggilinya Crema Catalana, sementara sebagian orang-orang di Inggris akan menamainya Trinity Cream. Tulisan ini tak hendak meributkan resep orang dari manakah yang lebih unggul dari yang lain. Di sini kita cuma akan membuat penganan itu sebagaimana orang-orang pada abad ke lima pernah membuatnya.

Bahan-Bahan

  • 300 ml heavy cream cair
  • 30 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 2 kuning telur
  • ½ sdt ekstrak vanili
  • 30 gram gula pasir
  • 30 gr-50 gr gula pasir untuk lapisan karamel

Langkah-Langkah

  1. Siapkan ramekin
  2. Siapkan sebuah wadah dan tuang heavy cream, kemudian tambahkan gula pasir, putih telur yang sudah dikocok hingga semi kaku berbusa, kuning telur dan ekstrak vanili.
  3. Aduk semua bahan perlahan hingga merata.
  4. Tuang adonan ke dalam ramekin hingga hampir penuh, lalu taruh ramekin dalam loyang. Tuang air setingg separuh tinggi loyang. Cara memanggang seperti ini dalam gastronomi sering disebut metode au bain marie.
  5. Panaskan oven dengan suhu 150 derajat selama 1-2 menit.
  6. Panggang bahan custard selama kurang lebih 30-40 menit.
  7. Keluaran Creme brulee dari oven lalu dinginkan di kulkas sekitar 4 jam. Kalau tidak ada kulkas bisa diangin-anginkan saja, yang penting jadi padat dan dingin.
  8. Setelah kepadatan memadai, taburkan ke ramekin gula pasir secukupnya, pastikan seluruh permukaan custard tertupi gula pasir.
  9. Bakar gula menggunakan pemanggang tangan (flambee torch) hingga berubah menjadi karamel yang mengkristal. Kalau tak ada Flambee, bisa menggunakan oven dengan mengatur api atasnya saja yang digunakan.
  10. Ukuran kegosongan bisa sesuaikan dengan selera. Agar terlihat artistik usahakan karamel berbentuk bulir-bulir.
  11. Creme Brulee sudah siap disajikan sebagai pencuci mulut setelah menu Sup Asparagus dan Sirloin Steak keluar.

Bon Apetit!

1 Comment

Leave a Reply