Aneka Resep Kudapan

Ujian Kesabaran dari Kue Lapis Tepung Beras

Jika ada orang yang hendak menguji sebesar apa persentase kesabaran mereka, maka cobalah sarankan ke mereka agar membuat kudapan kue lapis ini. Bahannya tak rumit-rumit amat. Tapi bukan itu pokok soal yang mesti diujikan kepada mereka, melainkan proses dalam membuatnya. Kue kudap dengan metode masak kukus ini menuntut kita untuk duduk tumakninah dalam jangka waktu lama. Sekalinya emosi naik dan rasa buru-buru tak bisa kita atasi, maka bentuk dari kue ini akan berantakan. Kita catat saja dulu bahan-bahan dasar kue sebelum melangkah lebih jauh ke fase duduk tumakninah:

Bahan-Bahan

  • 200 gr tepung beras
  • 100 gr tepung tapioka
  • 150-200 gr gula pasir
  • 400ml santan
  • Pandan
  • 1/8 sdt garam
  • Pewarna makanan (Saya memakai 4 pewarna: merah, kuning, hijau, ungu)
  • Minyak goreng (olesan loyang)

Langkah-Langkah

Masak terlebih dahulu santan dan pandan hingga matang, dan dinginkan. Ingat ya, santan harus benar-benar dingin, karena jika masih hangat, bahkan hangat-hangat kukupun jika nanti digunakan dalam proses mencampur tepung beras dan tapioka akan menghasilkan bentuk yang jelek, bergerendul dan itu sungguh tak sedap dipandang mata.

  1. Larutkan gula, tepung beras dan tepung kanji/tapioka, garam dan ke dalam santan yang sudah dingin.
  2. Siapkan loyang kotak 20x20cm, yang sudah diolesi minyak.
  3. Setelah larut, bagi rata adonan menjadi 5 bagian dengan merata (agar bisa presisi, gunakan gelas ukur). Nanti 5 bagian adonan tersebut terbagi menjadi adonan merah, adonan hijau, adonan kuning dan adonan ungu dan yang satu lagi putih atau tidak kita warnai
  4. Panaskan kukusan, masukan loyang lalu tuang sedikit demi sedikit adonan berwarna merah. Setelah 5 menit dan dirasa sudah matang masukkan adonan berwarna putih. Begitu seterus sampai lapisan kelima, kita ganti dengan menuang lapisan dengan warna kuning lantas ditimpa putih, kuning lagi dan putih lagi. Sampai mencapai lima lapis dan ganti lagi dengan warna selanjutnya dengan metode timpa yang sama seperti yang pertama kita lakukan.
  5. Kukus kurang lebih 20 menit agar kue benar2 matang. Jangan lupa pada bagian tutup dialas serbet agar air tidak jatuh menetes ke dalam adonan.
  6. Jika sudah matang, angkat dan biarkan dingin lebih dahulu agar mudah diiris.
  7. Hidangan siap dikudap, ahai.

Ciao!

No Comments

Leave a Reply