Aneka Resep Masakan

Ayam Jahe Kukus untuk Diet Keto

Ayam Kukus Jahe yang paling pas untuk diet Keto adalah bagian paha.
hidangan Ayam Jahe Kukus yang menggugah selera dan menyehatkan

Jika kamu sedang menjalani diet keto, kamu mesti coba resep ayam kukus jahe ini. Membuatnya mudah dan hasilnya mengagumkan. Kita akan dapat enaknya sekaligus sehatnya dengan resep ini. Ibaratnya sekali dayung dua sampai tiga benua terseberangi, haha. Sekali ayunan cangkul dua petak sawah terairi juga bolehlah. Negeri kita kaya akan peribahasa, sayang jika tidak menggunakannya. Sama sayangnya jika kita tidak menggunakan aneka macam bumbu dari beraneka rempah-rempah yang tumbuh dari tanah yang kita pijak ini. Eh tapi ngomong-ngomong, apa sih diet keto? Ya siapa tahu masih ada yang belum paham. Kan repot jadinya aku sudah nulis panjang nanti, tapi ternyata ada yang tidak mudeng apa itu diet keto.

Penjelasan Tentang Diet Keto

Keto dalam frasa “diet keto” merupakan pelafalan ringkas dari kata ketogenik. Masih bingung kan? Oke begini, jadi ketogenik adalah istilah medis terkait dengan pola makan menghindari asupan karbohidrat. Diet atau pola makan ini bertujuan mendesak tubuh manusia agar masuk dalam situasi ketosis. Ketika dalam kondisi ketosis, tubuh tidak mendapatkan energi dari karbohidrat dan ini menyebabkan tubuh akan setengah memaksa memperoleh energi dari pembakaran kalori lemak. Adapun kondisi ketosis sendiri mudah kita dapati pada orang-orang yang sedang menjalankan puasa. Ketika tubuh selama rentang 12 jam lebih tidak mendapatkan asupan kalori, maka tubuh membakar energi dari sumber energi internal berupa lemak. Itu sebabnya, diet ini sering digunakan untuk menurunkan berat badan berlebih atau untuk para penderita diabetes. Sampai di sini sudah beroleh pencerahan, saudara-saudara?

Kiranya untuk merelaksasi ketegangan kita, perlu kiranya kita hadirkan lebih dulu petikan dari jawara sarkasme kita, Mark Twain yang pernah berujar:

Part of the secret of a success in life is to eat what you like and let the food fight it out inside

Mark Twain

(atau kurang lebihnya dalam bahasa Indonesia jadi begini: onderdil rahasia dari kesuksesan hidup ialah kamu makan apa yang kamu sukai dan biarkan ia baku hantam di dalam perutmu).

Mark Twain

Sarkasme Mark Twain mendorongku untuk bereksperimen meracik bahan makanan yang tidak aku sukai yaitu ayam. Sudah ayam, dikukus pula! Tantangannya adalah menjadikan sajian ayam kukus ini jadi melewati lidah dan tenggorokanku dengan lancar. Dan dengan menambahkan bumbu-bumbu ringan ala masakan cina seperti saus tiram, bawang putih dan minyak wijen, serta jahe dan daun adas, ujian kenikmatan ini terlampaui.

Kamu mungkin juga suka ini untuk menu diet keto: Tongseng Kambing Empuk dan Enak

Ayam dan Lemak dalam Kukusan

Pada resep kukus ini aku memilih bahan ayam karena selain mudah didapat, harganya pas untukku yang merasa berada di bawah garis ekonomi berkecukupan. Eh tapi meski murah, ayam tetap saja sumber lemak yang mencukupi lho. Apalagi bagian paha. Orang boleh menunjuk dada ketika memesan ayam goreng tepung ketika berada di restoran cepat saji. Mereka menganggap dadalah bagian paling terpuji dari hewan ternak satu ini padahal mereka keliru. Dalam rerata 80-85 gram bagian dada ayam, menempel di sana kandungan 7 gram lemak total + 2 gram lemak jenuh. Sementara untuk bobot gram yang sama, paha ayam mengandung 14 gram serta 4 gram lemak jenuh. Kurang lumer apa kandungan gajih sebanyak itu, saudara.

Agar klop antara selera lidah dan anjuran diet ketomu, kamu cuma perlu pelajari rahasia di balik sajian ayam dengan metode paling baik. Jangan dipanggang. Panggangan mengasilkan oksidan yang akan memicu aneka jenis kanker. Kamu silakan makan sate, tapi sate tidak dianjurkan untuk menu diet karena efek panggangan tadi jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan meracuni tubuh. Jangan digoreng rendaman minyak. Apalagi digoreng pakai ditepungi dulu, aduh dobel itu berabenya. Kadar lemak jenuhnya meningkat signifikan dan percuma dong kalau kamu diet keto dan makan tepung. Kalau ditumis, lumayan bagus sih, seperti pernah aku bikin ayam lada hitam, minyak yang digunakan untuk menumis adalah minya ziatun. Untuk makanan sehat tapi enak, ayam jahe kukus adalah pilihan yang sempurna. Sajian kukus sangat sedikt sekali efek pengurangan nutrisi bahannya. Ideal pokoknya untuk diet yang sedang kamu jalani.

aneka saus untuk bumbu ayam jahe kukus

Resep Bahan-Bahan Ayam Jahe Kukus

  • 4-5 potong paha ayam
  • 4-5 siung bawang putih
  • 1-2 ruas jahe
  • 1-2 tangkai daun adas
  • 2 sdt saus tiram
  • 3 sdt minyak ikan
  • 2 sdt minyak wijen
  • 1 sdt garam (atau sesuai selera)

Langkah-langkah Membuat Ayam Jahe Kukus

  1. Siapkan potongan paha ayam yang sudah dicuci bersih dalam wadah
  2. Kupas dan iris tipis bawang putih dan jahe
  3. Taburkan di atas potongan paha ayam dalam wadah
  4. Bumbui dengan minyak wijen, saus tiram dan minyak ikan
  5. Tambahkan daun adas
  6. Kukus selama kurang lebih 30-40 menit
  7. Sajikan

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa menyimak resepnya dalam bentuk video yang sudah kuterbitkan dalam saluran Bapak Memasak.

No Comments

Leave a Reply