Aneka Resep Masakan

Resep Tongseng Daging Kambing

Resep Membuat Tongseng dari Daging Kambing
Tongseng Kambing (bapakmemasak.com)

Jika kamu sedang mencari resep Tongseng dari bahan daging kambing yang mudah dan enak, hasilnya empuk dan dagingnya tidak berbau prengus maka kalian mesti simak artikel kali ini. Pelajari cara membuatnya dalam waktu kurang dari 50 menit dan kamu bisa jadikan resep ini sebagai bagian dari variasi rotasi menu makan malam atau makan siangmu yang itu-itu saja.

Sembari mencatat bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan, kamu bisa juga menggali lebih jauh tentang asal-usul sajian Tongseng. Arif Fitra Kurniawan sudah menuliskan sejarah bagaimana masakan dengan bumbu rempah-rempah melimpah ini diberi nama Tongseng. Memang bukan keharusan, tapi tahu seluk-beluk sesuatu yang akan kita olah adalah nilai plus.

Bahan-Bahan Tongseng

Untuk membuat Tongseng berbahan daging Kambing, kita membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 500 gram daging kambing
  • 1 tomat
  • 2 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk purut
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit.
  • 1 sdt bubuk ketumbar
  • 1 sdt bubuk lada putih
  • 2 cangkir santan (kurang lebih 800ml),
  • 3 sdm minyak
  • garam secukupnya.
  • Terakhir kita dapat menambahkan sayuran pilihan (seperti kubis atau wortel atau tomat). Pastikan semua bahan sudah siap sebelum mulai memasak agar bisa cepat matang
Bumbu ulek dalam resep Tongseng Kambing

Langkah demi Langkah Memasak Tongseng

Anda mungkin suka ini: Gramasi dari Takaran Sendok

Tips untuk memasak agar menghasilkan sajian yang istimewa adalah dengan tidak terburu-buru ketika merunutkan apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam panci. Putar musik kesayangan agar kamu relaks ketika mengolah keratan demi keratan daging kambing. Bagaimanapun hati yang riang membuat segala sesuatuya jadi lebih baik.

  1. Ulek dan jadikan bumbu halus bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar dan lada putih.
  2. Rebus daging kambing dengan dalam air mendidih berisi irisan jahe, daun salam, dan serai. Masak selama kurang lebih 20-30 menit agar daging empuk dan tidak berbau.
  3. Mulailah dengan memanaskan 3 sendok makan minyak dalam wajan besar dengan api sedang.
  4. Tambahkan irisan bawang bombay, tomat, bawang putih, dan daun jeruk purut cincang ke dalam wajan dan masak hingga lunak dan harum.
  5. Selanjutnya masukkan daging kambing, bumbu halus, ketumbar dan jinten, bubuk kunyit dan daun salam.
  6. Tumis daging sebentar sebelum menambahkan santan.
  7. Didihkan bahan-bahan dan bumbu
  8. sebelum sampai benar-benar mendidih, saat membiarkannya matang perlahan selama 20 menit – aduk semuanya sesekali.
  9. Terakhir tambahkan sayuran pilihanmu dan biarkan masak sampai lunak.
  10. Tongseng siap dinikmati bersama nasi putih hangat.

Kandungan Nutrisi dan Kalori pada Tongseng

Sajian Tongseng yang akan kamu buat setelah membaca artikel ini aku jamin lezat. Tapi yang lezatpun ada batasannya. Kita perlu tahu nutrisi dan kandungan kalori pada tongseng agar bisa mawas diri ketika menyantapnya. Nggak mau juga kan, kita kalap dalam menyantap, dan besoknya diantar ke Puskesmas gara-gara kepala pusing karena darah tinggi atau kolesterol?

Seporsi Tongseng dengan bahan daging setengah kilo atau 500 gram ini, kita mendapatkan kurang lebih 625 kKal darinya. Bukan untuk menakut-nakuti, tapi angka tersebut bisa digunakan sebagai panduan jika kamu sedang berdiet, atau dalam kondisi kesehatan tertentu.

Sementara rincian nutrisinya dalam seporsi sajian adalah 15-17 mg zat besi, 135 mg protein, kandungan lemak 15 mg, dan 0 mg karbohidrat.

Setelah tahu semua, dari sejarah, resep dan cara membuat, sampai apa dan berapa kandungan nutrisi yang ada pada sepiring tongseng kambing yang empuk dan nikmat ini, ada baiknya kamu segera mengeduk nasi dari dandang.

Mari bersantap.

Infografis Tongseng dan Tips Memasak Anti Gagal

2 Comments

Leave a Reply