Aneka Resep Minuman

Resep Es Teler yang Unik dan Enak

Resep Es Teler dengan wadah kelapa utuh hingga menjadikannya tampak yang unik

Resep rahasia untuk membuat Es Teler tampil unik sekaligus tetap enak dinikmati akan selalu diburu oleh orang-orang. Mereka bertanya pada tiap penjual es, baik yang mangkal maupun yang berjualan keliling. Menelisik setiap lembar halaman aneka buku resep minuman, serta berselancar ke sana ke mari di internet barangkali ada portal tata boga yang menyediakan apa yang mereka cari. Padahal kalau mau menggali, rahasianya adalah pikiran kreatif manusia sendiri.

Siapa yang pernah merasai nikmatnya mengudap Es Teler? Jika pertanyaan tersebut kita lontarkan, barangkali kemungkinan 70 sampai 85 persen dari populasi penduduk Indonesia yang nyaris menyentuh angka 275 juta lebih akan mengacungkan jari. Itu hanya paparan angka data saja untuk menggantikan kalimat betapa orang-orang Indonesia begitu akrab dengan jenis es campur berbahan utama kelapa muda, nangka dan alpukat ini. Iklim Indonesia yang masuk dalam kawasan tropis, menjadikan Es Teler menjadi idola ketika kita beraktivitas dalam cuaca yang gerah.

Sejarah Nama Es Teler

Ada anekdot kuno dalam karya Romeo and Juliet dari William Shakespeare, dan saya rasa semua orang sudah hafal di luar kepala. What is in a name? Apalah arti sebuah nama? Orang boleh berkata bahwa nama tidaklah penting, atau tidak ada maknanya sama sekali. Tapi dalam perbincangan kita terkait dengan Es Teler ini, nama mau tidak mau menjadi penanda sejarah. Akan repot jadinya nanti, jika kita enggan menelusur jejak sejarah bagaimana merk dagang Es Teler muncul. Bisa saja to, kita memaknai Es Teler, sebagai es di mana ia terbuat dari bahan ciu yang membuat pengudapnya teler kewer-kewer. Karena bagaimanapun ada kata teler setelah kata es di sana. Atau es Teler justru akan menjelma jadi minuman yang menjijikkan karena kita menafsir ia diracik dari lelehan kotoran telinga. Alamak!

Seperti sudah saya tuliskan secara detail tentang asal-muasal bagaimana nama Es Teler muncul dan dikenal oleh khalayak senusantara pada tulisan sebelumnya, merk dagang Es Teler bermula dari celetukan para pelanggan es campur Pak Tukiman. Pak Tukiman sendiri adalah penjual es campur dari Sukoharjo yang pada tahun 70an memutuskan merantau ke Jakarta. Di jakarta ia mencoba peruntungan dengan memboyong resep es campurnya untuk dijajakan. Usahanya tak bisa dikatakan lancar jaya sampai tahun 1980an, keajaiban terjadi.

Baca juga: Rujak Juhi, Jajanan Langka dari Betawi

Pelanggannya datang dari segala penjuru Jakarta, dan itu pelan-pelan mendongkrak usaha boganya. Jenama Es Teler pun terkenal dengan cara bergulir dari mulut ke mulut, dan dari situlah setiap orang bersepakat bahwa es campur berisi kerokan kelapa muda, potongan kecil-kecil nangka dan alpukat dengan kuah santan mereka sepakati dengan nama Es Teler.

Resep Membuat Es Teler

bahan-bahan untuk membuat es teler yang utama adalah kelapa muda, nangka dan alpukat

Bahan-bahan untuk membuat semangkuk Es Teler sebenarnya sangat sederhana. Selain sederhana, bahan baku tersebut mudah sekali didapatkan sekaligus terjangkau terkait harga. Saya sendiri yakin, jika tidak punya gangguan teknis pada pemahaman, setiap orang yang membaca artikel ini, akan mudah mempraktikkan resep yang saya tuliskan di bawah ini:

Bahan-Bahan

  • 1 gelondong kelapa utuh
  • 300 gram daging buah kelapa
  • 250 daging buah nangka
  • 200 daging buah alpukat
  • 100 ml kental manis
  • Es batu

Kuah Santan

  • 100 ml Santan kelapa kental
  • 100 ml air matang
  • 100 gram gula pasir
  • Secukupnya garam
  • Daun pandan

Proses Membuat Es Teler

  1. Siangi atau kupas gelondongan kelapa muda. Buat lubang dengan perkiraan bagian yang tersisa bisa dijadikan mangkuk. Tiga perempat bagian inilah nantinya akan kita jadikan wadah sebagai pengganti gelas atau mangkuknya.
  2. Keruk daging kelapa muda dengan sendok, dan sisihkan dalam wadah tersendiri.
  3. Potong-potong seukuran ruas jari nangka yang sudah dibersihkan.
  4. Belah dan sisir alpukat dan pisahkan dalam wadah tersendiri.
  5. Membuat kuah santan: campur santan dengan air dan panaskan dengan api kecil. Aduk-aduk dan tambahkan gula, daun pandan, dan sejumput garam. Masak sampai mendidih sembari diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Setelah mendidih bisa didinginkan lebih dahulu sebelum siap dipakai.
  6. Siapkan batok kelapa mudah yang sudah dibentuk.
  7. Tata bahan-bahan es Teler satu persatu, mulai dari es batu, kuah santan kelapa muda, nangka, dan alpukat.
  8. Tambahkan kental manis sebagai penyempurna.
  9. Es Teler siap dinikmati.
Sejarah dan Serba Serbi Es Teler dalam Infografis

Jadi jangan ragu untuk berkreasi. Buatlah Es Teler versi unik dan enakmu sendiri ya!

1 Comment

  • Reply
    Clara
    14/12/2022 at 20:16

    Mantab sekali esnya, kaka.

  • Leave a Reply