Bapaklopedia

Gramasi dari Takaran Sendok

Pasti pernah dari kita ketika memasak atau membuat kudapan, menggunakan takaran sendok guna memenuhi standar resep kita. Saking terbiasanya menggunakan cara tersebut, kebanyakan kita jadi risih dan malas menyimak jika kita mendapati ada resep yang ditulis dengan menggunakan takaran gram untuk material padat dan mililiter untuk bahan cair. Tentu ini bukanlah salah dari pepatah lama yang menyarankan bahwa tak ada rotan akar pun jadi. Ini cuma soal pembiasaan saja. Toh bagaimanapun bagi sebagian orang, ada benarnya juga jika mereka sering mengeluhkan: Ya ampun, masa kita mau bikin sup ayam saja mesti bawa-bawa timbangan buat mengasini kuahnya?

Sebenarnya perkara takaran ini tak jadi masalah yang mesti dipikirkan sih, seandainya yang kita masak adalah menu masakan harian ibu rumah tangga, atau racikan bapak kesepian yang mesti ambil kontrakan jauh dari kampung halaman serta mas dan mbak yang sedang sekolah dan mesti menyewa kamar kosan oleh sebab itu memasak sendiri adalah sebuah keputusan bijak agar mereka bisa irit di ongkos. Perkara ini cuma akan mengganggu ketika kita mesti berhadapan dengan resep-resep yang memang menuntut kepresisian dalam urusan takar-menakar. Membuat roti misalnya. Mana bisa kita asal kira-kira byak-byuk byak-byuk menaburkan ragi pada adonan, hancur iya pastinya adonan tepung kita nanti.

Untuk hal-hal semacam itulah kiranya artikel gramasi ini ditulis. Agar jika ada sebagian orang yang masih percaya bahwa ilmu matematika diciptakan agar manusia terdorong untuk senantiasa jadi mahkluk penuh perhitungan, bisa mengambil faedah dari segala sesuatu yang menyimpan ukuran.

Meski tidak 100 persen valid, tapi para pakar hitung-menghitung yang kemudian dimakmumi para gastronom yakin dan menyepakati bahwa 1 sendok teh setara dengan 4 gram material bahan padat. Ingat yang ini ya: 1 Sdt = 4 gram.

Kita bisa dan boleh-boleh saja melakukan pembalikan cara mengukur bahwa 4 gram sama dengan satu sendok teh atau melakukan pembagian serta perkalian atasnya. Misal 2 gram = ½ Sdt, atau 5 Sdt = 20 gram. Tak masalah. Semakin sering kita membolak-balik konversi dan mengulanginya dalam praktik, niscaya keruwetan di dalam dapur kita akan mudah kita tiriskan.

Catatan Tambahan

  • 1 Sdm = 3 Sdt
  • 1 Sdm = 14 gram

Jangan lupa kunjungi kanal Youtube Bapak Memasak untuk menemukan lebih banyak resep-resep pilihan

2 Comments

Leave a Reply