Bapaklopedia

Asal-Usul Creme Brulee

misteri asal usul creme brulee yang jadi perdebatan
inilah Creme Brulee yang asal-usulnya membuat orang jadi senang adu mulut.

Sebagian orang Prancis, Inggris dan Spanyol kadang memperdebatkan bahwa bangsa merekalah yang telah menemukan resep otentik Creme Brulee. Tapi adu mulut itu tak menemukan kata kunci memadai. Bahkan ketika kita asyik menyendokkan ke lidah adonan lembut berlapis karamel di sebuah kafe atau restoran di masa-masa sekarang. Para pengarang dongeng kerap bernasehat, misteri adalah bahan baku penjualan paling bagus. Barangkali justru perdebatan itulah yang mengangkat nama Creme Brulee.

Banyak yang masih memperdebatkan asal-usul pasti crème brûlée, tetapi ada beberapa catatan sejarah yang mungkin terkait dengan munculnya hidangan ini. Beberapa ahli percaya bahwa crème brûlée berasal dari Prancis. Orang-orang cuma bisa menebak, mungkin pada abad pertengahan kudapan manis ini dikenalkan. Namun, versi awalnya mungkin berbeda dengan resep yang kita kenal sekarang. Pada awalnya, mungkin hidangan ini lebih mirip dengan custard yang diberi gula di atasnya, yang kemudian dikaramelisasi dengan panas dari logam besi yang dipanaskan.

Belum ada yang mencatat sejarah kehadiran sajian krim ini, sampai pada sekitaran tahun 1691, nama crème brûlée muncul dalam buku resep karangan Francois Massialot. Dalam buku resep berjudul Cuisinier royal et bourgeois ini Pak Massaliot bahkan menjura pada hidangan yang kini popularitasnya menyamai Black Pink dan Eminem jika kita bicara musik. Tak tanggung-tanggung, ia juga menjabarkan bagaimana creme brulee agar teksturnya prima.

Penganan ini mustilah diberi manis bagian atasnya, dengan menambahkan gula pasir: kami ambil skop dari tungku panas, baranya kami gunakan buat memanggang krim, dari sanalah muncul warna keemasan

Baca juga: Resep Membuat Creme Brulee

Kekhasan Creme Brulee dari Krim lain

Crème brûlée dan Crème Catalana keduanya merupakan makanan penutup yang terkenal dan memiliki akar sejarah yang kaya. Crème brûlée berasal dari Prancis abad ke-17, sementara Crème Catalana berasal dari Catalonia, Spanyol, dan memiliki akar yang lebih kuno.

Perbedaan utama antara keduanya terletak pada beberapa bahan dan proses pembuatannya. Crème brûlée menggunakan krim, kuning telur, gula, dan vanila yang kemudian dipanggang dan ditaburi gula di atasnya yang kemudian dibakar untuk membentuk lapisan karamel renyah di atasnya. Di sisi lain, Crème Catalana menggunakan susu, kuning telur, maizena, kulit jeruk, dan kayu manis, dan kemudian ditaburi gula yang kemudian dibakar hingga membentuk lapisan karamel. Jadi yang khas pada creme brulee adalah penggunaan vanila, selain dari metode karamelisasi dari gula yang ditaburkan di atas krim [.]

No Comments

Leave a Reply