kuliner

3 Cara Membedakan Crème Brulée dan Creme Caramel

Kalau tidak jeli, dari kita akan menganggap bahwa Creme Brulee dan Creme Caramel adalah desssert yang sama, padahal ada beberapa hal yang bisa kita tandai sebagai pembeda.

Adapun perbedaan antara Crème Brulée dan Creme Caramel terletak pada tiga faktor: bahan utama, metode memasak, dan komponen tambahan yang kita gunakan. Komponen tambahan itu—topping dan penyajian yang berbeda—paling mudah dilihat.

Bahan

Crème brûlée lebih kaya daripada Crème Caramel karena terbuat dari krim kental dan kuning telur, custard ini dimasak dengan kaya dan kental—kontras yang indah dengan lapisan gula karamel yang rapuh seperti kaca di atasnya. Sedangkan Crème Caramel terlihat lebih ringan karena bahan utamanya adalah susu yang dicampur dengan gula dan telur. Bentuknya seperti puding.

Metode memasak

Keduanya adalah kudapan dengan bahan dasar custard dan semua custard diolah atau dimasak menggunakan panas rendah dan lembut. Di samping itu, mereka termasuk dalam salah satu dari dua kategori: diaduk (dimasak di atas kompor) atau dipanggang (diletakkan dalam bak air di dalam oven). Saya sendiri menggunakan au bain marie untuk membuat Crème Brulée dan menggunakan metode mengukus untuk Crème Caramel.

Komponen / Karamelisasi Tambahan

Brûlée – berarti ‘dibakar’ dalam bahasa Prancis. Kudapan ini berbahan custard/puding telur yang diatur dalam ramekin dengan bagian atas ‘dibakar’ atau dikaramelkan – baik di bawah panggangan atau dengan menggunkan obor. Bapak dan Ibu dan Kakak-Kakak sekalian bisa menaburkan gula di atasnya setelah custard mengeras lantas kemudian mengkaramelkannya menjadi lapisan kulit yang renyah bukan main.

Sedangkan Creme Caramel adalah custard yang biasanya dibuat dalam cetakan dariole atau ramekin di mana pada bagian dasar cetakannya terdapat lapisan karamel cair. Custard dituangkan di atas karamel yang sudah kita siapkan tersebut. Dan saat custard sudah set, cetakan dibalik untuk sehingga tata letak karamel berakhir di atas.

Nah, sekarang kita bisa membandingkan perbedaan antara Crème Brûlee dan Crème Caramel,kan.

No Comments

Leave a Reply